Skip to main content
TJAP LINK

follow us

Cara Flashing Samsung Galaxy J2 Prime Via Odin

Ponsel samsung merupakan ponsel yang laing mudah untuk diflash dibandingkan dengan merk lain seperti asus, xiaomi, dan lenovo. Menurut saya yang paling sulit ketika melakukan flash adalah jenis asus zenfone 2 intel dan lenovo karena tehniknya agak sedikit rumit jika anda tidak terbiasa.

Pada postingan ini saya akan menjelaskan mengenai bagimana caranya memperbaiki ponsel Samsung Galaxy J2 Prime yang mengalami kerusakan pada segi software seperti gagal booting (bootloop), softbrick atau tidak dapat masuk kemenu utama alias stuck dilogo Samsung secara terus menerus walau sudah direstart berkali - kali.

Sebelum anda melakukan flashing menggunakan tool dari odin, tidak ada salahnya melakukan hard reset (Kembali ke pengaturan pabrik) terlebih dahulu yang ada pada pengaturan ponsel samsung anda. Apabila cara reset tidak membuahkan hasil, maka jalan satu - satunya yaitu dengan melakukan flashing atau instal ulang secara penuh.

Selain yang sudah saya sebutkan barusan, anda juga dapat melakukan flash pada ponsel anda apabila ponsel android anda terkena virus sepeti virus iklan yang sangat mengganggu (nama sebutannya saya lupa, jika anda tahu namanya bisa anda tuliskan pada kolom komentar postingan ini).

Persiapan Flashing Samsung Galaxy J2 Prime (SM-G532G)

Seperti biasanya apabila akan melkukan flashing, sebelumnya anda harus menyiapkan bahan - bahan yang diperlukan agar proses flashing dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah bahan - bahan yang harus ada sebelum melakukan Flashing Samsung Galaxy J2 Prime anda diantaranya yaitu :

  1. Download dan ekstrak tool Odin3 V3.12.5
  2. Download Samsung USB Driver for Mobile Phone
  3. Download firmware Samsung Galaxy J2 Prime (SM-G532G)

Langkah - Langkah Flashing Samsung Galaxy J2 Prime (SM-G532G)

Pada tahapan ini mohon untuk dibaca secara teliti untuk menghindari kesalahan - kesalahan yang tidak anda inginkan. Terlalu sering melakukan flashing juga tidak baik bagi perangkat anda.

  1. Instal terlebih dahulu Samsung USB Driver for Mobile Phone
  2. Instal juga tool Odin3 V3.12.5. Setelah berhasil diintstal, buka tool odin tersebut.
  3. Sekarang matikan ponsel anda, kemudian hidupkan kembali dengan cara tekan dan tombol "Home + Power + Volume Down" secara bersamaan agar layar ponsel anda menjadi blank dan hanya muncul peringatan "Warning!!". Jika muncul peringatan tersebut, tekan tombol "Volume Atas (UP)" agar masuk ke mode Downloading....
  4. Sambungkan ponsel ke komputer dengan kabel USB bahwan samsung galaxy J2 prime dan tunggu beberapa detik sampai tool odin membaca perangkat anda.
  5. Ekstrak firmware Samsung Galaxy J2 Prime (SM-G532G). Sekarang pada tool odin klik tombol "AP" dan cari lokasi penyimpanan firmware Samsung Galaxy J2 Prime yang sudah anda ekstark tadi.
  6. Tekan tombol "Start dan tunggu beberapa menit sampai proses flashing selesai.
  7. Apabila proses flashing berhasil, maka akan muncul keterangan PASS!! dan tak lama kemudian ponsel anda akan restart secara otomatis.

Agar firmware hasil flashing tadi dapat berjalan dengan maksimal pada ponsel anda, sebaiknya sebaiknya lakukan clear cache terlebih dahulu (Baca: cara clear cache), kemudian lakukan pengaturan seperti pada saat anda membeli ponsel baru seperti setting email, bahasa dan lokasi anda.

PERHATIAN:
Cara flashing samsung Galaxy J2 Prime tidak akan efektif apabila kerusakan disebabkan karena hardware seperti ghost touch, kerusakan ic power, komponen baterai maupun komponen lainnya yang berhubungan dengan perangkat keras.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar