Skip to main content
TJAP LINK

follow us

Tutorial Flashing Lenovo Type A6000 via QFIL/QPST

Panduan dalam memperbaiki hp lenovo yang mendadak bootloop, brick, lupa pola sandi atau ingin mengembalikan software ke ROM bawaan pabrik.

Cara flash hp sebetulnya akan mudah apabila anda tahu tekniknya karena beberapa merk hp sudah menyediakan ROM yang bisa anda cari dengan mudah dan tool nya juga bisa dengan mudah anda dapatkan.

Namun yang sedikit agak sulit itu ialah langkah - langkahnya. oleh karena itu saya mencoba untuk berbagi pengalaman tentang cara flashing lenovo A6000 via QFIL/QPST.


BACA JUGA :


Cara Reset HP Xiaomi Lengkap Semua Type (Hard Reset)

Sebelum anda melakukan percobaan, seabiknya persiapkan dulu bahan - bahan yang anda perlukan seperti pada yang tertera dibawah ini:

Bahan yang diperlukan untuk flashing lenovo A6000

  1. Download Firmware Lenovo Lenovo_A6000_S035_150507_8G_ROW.zip
  2. Download QPST/QFIL
  3. Download Qualcomm USB Driver 32 bit atau 64 bit. silahkan anda pilih salah satunya sesuai dengan komputer/laptop anda.

Perlu anda ketahui bahwa melakukan flashing akan menghapus semua data yang ada, pastikan akan sudah yakin bahwa data penting anda telah ter-back up sebelumnya. Usahakan juga kondisi baterai minimal 70%.

Memulai Flashing Lenovo A6000

Setelah bahan - bahan yang anda perlukan sudah lengkap semua, ekstak semua file tersebut dan sekarang instal terlebih dahulu pada "Qualcomm USB Driver".

  1. Instal software QPST/QFIL dengan cara run as administrator.
  2. Hubungkan hp lenovo anda ke kaomputer/laptop dengan kondisi hp dalam keadaan mati (tidak menyala). Setelah kabel usb tersambung dengan komputer/laptop, nyalakan hp anda dengan cara tekan dan tahan tombol "volume atas + volume bawah".
  3. Pastikan driver hp anda telah terbaca oleh komputer caranya tinggal ketikkan perintah "Device manager" tanpa tanda petik pada menu search dikomputer anda dan pastikan juga jangan sampai ada tanda seru pada jendela device manager tersebut. agar lebih jelas mengenai device manager bisa anda lihat disini
  4. Apabila driver hp anda terbaca dikompetr, biasanya akan muncul nama "QD-Loader 9008" atau yang mirip dengan nama tersebut. Jika tidak terbaca, ulangi lagi caranya mulai dari nomor 1 dan nomor 2.
  5. Jalankan software QPST/QFIL
  6. Pada bagian Select Build Type, pilih “Flat Build”.
  7. klik “Browse” pada bagian Select Programmer. Lalu arahkan ke folder firmware Lenovo A6000
  8. yang sudah anda download dan pilih pada “prog_emmc_firehose”.
  9. klik “Load XML” dan masukkan file “rawprogram_unsparse.xml” dan file “patch0.xml” yang masih berada pada folder firmware Lenovo A6000.
  10. Apabila tahapannya sudah anda ikuti seperti penjeasan diatas, selanjutkan tekan tombol "Download".

Proses flashing ini membutuhkan waktu antara 10 sampai dengan 15 menit tergantung kondisi yang dibutuhkan. Apabila proses flash berhasil maka akan muncul pemberitahuan reset dan hp anda akan restart secara otomatis.

Sampai disini saya anggap hp anda telah berhasil di flash atau instal ulang. Kini hp anda kembali seperti bawaan pabrik, silahkan lakukan pengaturan seperti pada umumnya ketika anda membeli hp baru.

Selain menggunakan cara - cara diatas, anda juga dapat memflash ulang hp anda dengan menggunakan "Downloader Flash Tool" khusus lenovo.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar